Bubut Noken As Bikin Motor Kenceng
Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk bikin motor kenceng
alias menambah performa motor adalah dengan melakukan papas noken as
atau bubut noken as. Dengan merubah pola, sudut, & tinggi
noken as maka fungsi buka – tutup klep intake dan exhaust bisa diatur
supaya sesuai dengan waktu yang diinginkan. Maka lewat papasan atau
bubut noken as ini kita bisa mengubah performa motor secara signifikan.
Noken as atau camshaft memang salah satu rahasia korekan motor 4tak.
Namun harus dipahami dulu dasar mesin dan filosofi nya mengapa sampai
kita harus melakukan custom noken as dari sebuah mesin.
Noken as sebagai pengatur suplai bbm masuk ke ruang bakar, tentunya
di ruang bakar akan kita jumpai istilah kompresi rasio, diameter piston,
stroke, maen rpm brp dan diameter klep atau valve. Meng-custom noken
as tidak asal main grinding sana sini. Berapa lift dan durasi sangat
erat kaitannya dengan perbandingan kompresi, diameter piston, valve,
porting serta perlu diperhatikan juga akan menggunakan karbu berventuri
berapa. Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit seperti apa.
Satu lagi yang perlu juga kita perhatikan adalah dampak pemakaian.
Maksud dari dampak pemakaian disini, noken as akan terkikis kisaran nol-koma sekian mili akibat pemakaian. Keausan ini diperparah jika anda
memakai per klep yg terlalu keras, dan kualitas oli yg buruk. Tapi
selama kualitas oli baik dan per klep tidak terlalu keras (kecuali utk
even drag ato race) maka, noken as tetap terjaga keawetannya.
Tolong komennya yang berhubungan dengan artikel yang ada,Komentar yang
mengarah ke tindakan akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter