Bikin Terang Lampu Arus AC, Kecilin Watt


Bikin lampu utama tambah terang memang cara. Mulai dari menjaga kualitas reflektor dan mika lampu, tetap pakai bohlam asli hingga mendongkrak cahaya dengan aplikasi HID.

 tips bikin lampu utama tambah terang. Caranya menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu ganda.

“Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik), menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya tambah terang. Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah. Watt bohlam pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya,” papar Hargo dari Jl. Cibaduyut Raya, Gg. Siti Mardiyah, No. 6, Bandung.

Yang dimaksud kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic. Lampu utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC seperti di Honda Tiger. Meski motor mati asal kunci dan sekalar ON, lampu akan menyala.

Lalu kenapa ganti watt bohlam lebih kecil di motor kelistrikan AC bikin terang? Menurut Hargo, karena arus listrik dari sepul yang dikeluarkan ke bohlam memang lebih besar. Tapi, besarnya dibatasi kiprok. Makanya bisa lebih terang jika watt turun tapi tidak sampai bikin putus bohlam.

Beda hal dengan motor kelistrikan DC. Semakin besar watt bohlam, makin terang cahayanya. Tapi, tentunya tergantung dari kemampuan aki tersebut di motor.

“Makanya kalau lampu ganda mau tambah terang, pakai bohlam dengan watt lebih kecil. Jika awalnya 35W/12V bisa ganti jadi 25W/12V, atau dari 25W/12V pakai bohlam 18W/12V dari punya Honda Grand atau Kawasaki Kaze yang original juga. Tapi, bentuk bohlam harus sama dan produk asli,”    Sumber motorplus

0 komentar:

Tolong komennya yang berhubungan dengan artikel yang ada,Komentar yang
mengarah ke tindakan akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter